Rabu, 16 Juli 2008

Ijah Ya NyaaH...


Yang dua di depan itu adalah Ijah Ya Nyah-nya CK..mereka Susinah (kurus, berambut lurus, pakai kaos putih, kiri) sedang satunya Ning (kaos merah kecoklatan, mblendhug, rambut agak ikal, bertompel alias punya andheng-andheng di pipi kiri). Sedangkan tiga yang di latar belakang itu para figuran, yaitu para embak tante-tante yang kebetulan dibawa semua main ke CK (pasti CK sedang ada arisan atau pengajian saat itu).
Susi dan Ning ini, tanpa aku kondisikan sudah mengadakan pembagian tugas sendiri, intern mereka. Ning bertugas mencuci baju dan masak, Susi bersih-bersih rumah, sedangkan setrika nampaknya diselesaikan bergantian. Susi lebih ngopeni kebutuhan Ulin, sedangkan Ulan dipegang oleh Ning.
Merekalah yang berjasa melancarkan urusan hari-hari..merekalah yang menjadikan hari-hari bergulir dengan tanpa hambatan dan kekacauan yang berarti. Aku ndak bisa membayangkan, dengan kondisi dan posisi sebagai ibu bekerja seperti ini...wah..bagaimana tanpa mereka? Sulit!
Susi (telah enam tahun bersama kami) cucok untuk gawean bersih-bersih karena dia telaten, teliti dan memang suka nata-nata..akibatnya CK selalu relatif kelihatan kinclong, segala pernik tertata dan dilap secara reguler...disamping itu katanya dia memang menikmati kegiatan bersih-bersih ini..Akan tetapi kalau diminta masak..dia nyerah. Hanya saja Susi ini kadang mbolot, lalen dan suka kidhang-kidhing..dan selalu punya argumen! Oya, Susi ini alhamdulillah baru saja menyelesaikan kejar paket B, paket gratis dari pemerintah yang memberi kesempatan kepada murid SMP putus sekolah untuk dapat menyelesaikannya sampai lulus. Sekolahnya tiap Sabtu Minggu...Selamat ya Sus...selamat menang atas rasa males pergi ke sekolah-mu yang kadang kumat.
Nah, kalau Ning (telah lima tahun bersama kami) pethingannya dapat melakukan pekerjaan dengan cepat, masakannya enak, tidak kidhang kidhing, siap tanpa mengeluh untuk pekerjaan berat sekalipun. Hanya saja, karena maunya cepet kadang groboh dan brag-brug, tak ada seninya.
Anyway, no body perfect, not they, not I either. So..as far as there is nothing over..just let it be. I indeed have to thank to both of them, without them..it is difficult for me to manage the time and everything...

Tidak ada komentar: